Truk Semi Road Train
Jenis truk semi trailer
- Truk kontainer
- Truk boks
- Tanker
- Truk berpendingin
- Bus
- dan sebagainya
Konstruksi
Kontruksi utama truk semi trailer adalah bagian penarik (mesin penarik, truk, traktor) dan bagian yang ditarik. Ketika dilepas dari mesin penarik, semi trailer tidak mampu berdiri sendiri kecuali ketika landing gear ditegakkan.Pengereman umumya menggunakan tekanan udara untuk menggerakkan rem, terutama untuk mengerem roda semi trailer. Rem udara dipilih karena kemudahan dalam menyambung dan melepas saluran udara antara mesin penarik dan semi trailer. Selain itu, Saluran udara memiliki kemudahan dalam perawatan dan tidak memiliki masalah yang lebih banyak ketika terjadi masalah, misal kebocoran atau overheating. Biasanya mesin penarik memiliki dua saluran udara yang tersambung ke semi trailer, di mana salah satunya merupakan saluran udara darurat.
Rem udara yang digunakan adalah bertipe pegas, di mana rem bekerja ketika udara dilepaskan dari dalam rem, dan berhenti bekerja ketika udara disuplai masuk ke dalam rem. Hal ini lebih bermanfaat demi keselamatan karena ketika sistem penyaluran udara tidak bekerja, roda tidak bergerak. Itulah kenapa sering terdengar suara mendesis ketika truk melakukan pengereman.
Sistem transmisi yang digunakan umumnya adalah transmisi manual tuas ganda. Sistem transmisi ini dipilih karena beban yang ditarik bisa sangat bervariasi, sehingga pengemudi mampu menyesuaikan tenaga truk dengan beban. Transmisi yang digunakan sebanyak 3x3 hingga 6x3 plus atau sudah termasuk gigi mundur.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan berkomentar di SEWA TRUK SURABAYA ini. Tentu dengan catatan Sopan, membangun kerjasama dan saling bersinergi.