Selasa, 20 Januari 2015

Jenis - Jenis Truk dan Fungsinya

www.sewatrukdisurabaya.blogspot.com

Sewa Truk di Surabaya Call 081216226118 atau Sms 08563144665 , siap memberikan pelayanan yang terbaik dan harga yang kompetitif. Kami siapa kapan saja melayani jasa angkutan dari Surabaya - Jakarta, Surabaya - Bali, Surabaya - Semarang, Surabaya - Bandung, dan kota-kota serta daerah-daerah baik dalam pulau maupun luar pulau lainnya.
Jenis Mobil Truk yang kita kenal mungkin hanya beberapa saja
. Namun sebenarnya ada banyak sekali jenis truk yang ada di dunia ini. Selain dibedakan berdasarkan fungsinya, jenis – jenis truk ini bisa dibedakan menurut ban yang digunakan. Walaupun semua jenis truk memiliki fungsi yang hampir sama yaitu sebagai kendaraan pengangkut barang berat, namun barang yang diangkut bervariasi dan berbeda sehingga kebutuhan ban tiap truk juga berbeda. Berikut ini adalah pengelompokan jenis truk berdasar fungsi dan penggunaan ban:

  1. Jenis pertama adalah truk tangki. Jenis Mobil Truk yang satu ini biasa dipakai untuk mengangkut benda – benda cair seperti cairan kimia, bahan bakar minyak, atau berbagai jenis gas. Karena barang yang diangkut sangat berbahaya, maka ban yang digunakan harus bisa menjaga kestabilan badan truk tangki. Sopir truk jenis ini juga biasanya mengemudi dengan sangat hati – hati dan kecepatannya biasanya tidak lebih dari 80 km/jam.
  2.  Truk selanjutnya adalah truk boks kecil. Truk ini biasa disebut juga dengan mobil pick up box. Mobil ini termasuk jenis truk ukuran kecil yang banyak dipakai untuk bisnis ekspedisi, distribusi, serta pengiriman barang secara kilat. Karena membutuhkan kecepatan, maka pemilihan ban disesuaikan dengan fungsinya. Mobil box biasa menggunakan ban all season tire yang nyaman dan cocok dipakai di jalanan beraspal serta cocok dipakai untuk kecepatan tinggi.
  3. Jenis truk selanjutnya adalah tronton atau truk ukuran besar. Sesuai dengan ukurannya, truk ini biasa dipakai untuk mengangkut barang – barang dengan bobot hingga ratusan ton. Karena kinerjanya yang berat, maka pemilihan ban biasanya jatuh pada ban dengan kemampuan angkut yang tinggi.
  4. Untuk mengangkut box peti kemas, biasa dipergunakan truk trailer. Truk trailer ini dirancang untuk menarik bukan mengangkut. Truk ini biasanya hanya berupa kepala truk dengan tempelan boks peti kemas di belakangnya. Ban khusus trailer ini biasanya dilabeli dengan kode ST atau Special Trailer.
Ada banyak lagi Jenis Mobil Truk yang lain. Pemilihan ban truk yang tepat berdasar jenisnya akan menambah performa serta keamanan mengendara truk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar di SEWA TRUK SURABAYA ini. Tentu dengan catatan Sopan, membangun kerjasama dan saling bersinergi.

Alamat Kantor Kami


Kurir Top Surabaya
Jemur Andayani Gg.8 No.24, Surabaya

Layanan Konsumen


Hari Kerja:
Senin-Sabtu
Libur: Ahad (Minggu) & Libur Nasional (kecuali ada perjanjian)
Jam Kerja: 07.30-20.00 WIB